RPP KD 3.5 dan 4.5 Kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SMP N
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Program          : VII
Semester                      : Ganjil
Alokasi Waktu            : 2 × 40 menit (1× pertemuan)

A.    Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Indikator Ketercapaian
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar

3.5.1 Mengenal bentuk aljabar
3.5.2 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
3.5.3 Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.5.4 Menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar
3.5.5 Menyelesaikan operasi pembagian bentuk aljabar
3.5.6 Menyajikan permasalahan nyata dalam bentuk aljabar
3.5.7 Menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah nyata
3.5.8 Menyelesaikan masalah kontesktual pada operasi bentuk aljabar
3.5.9 Menyelesaikan masalah nyata pada operasi bentuk aljabar

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menyebutkan pengertian bentuk aljabar
2.      Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
3.      Siswa mampu menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
4.      Siswa mampu menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar
5.      Siswa mampu menyelesaikan operasi pembagian bentuk aljabar
6.      Siswa mampu menyajikan permasalahan nyata dalam bentuk aljabar
7.      Siswa mampu menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah nyata
8.      Siswa mampu menyelesaikan masalah kontesktual pada operasi bentuk aljabar
9.      Siswa menyelesaikan masalah nyata pada operasi bentuk aljabar

C.    Materi Pembelajaran
Bentuk Aljabar

D.    Model/Metode Pembelajaran
Strategi            : Strategi pembelajaran bentuk aljabar dengan model kooperatif
Model              : Model Kooperatif tipe Group Investigation (Sharan, 1992)
Metode            : Tanya jawab & Diskusi
Pendekatan     : Saintifik

E.     Media
Alat tulis : papan tulis, spidol
LKS / Lembar soal , pensil / bolpoin
Lembar penilaian

F.     Sumber Belajar
Buku Siswa Matematika Untuk SMP/Mts Kelas VII Semester 1 (Kurikulum 2013)

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah
Kegiatan Siswa
Kegiatan Guru
Waktu
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

-Siswa menjawab salam dari guru
-Guru mengucapkan salam
10 menit
-Siswa berdoa menurut keyakinan masing-masing yang dipimpin oleh ketua kelas
-Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa menurut keyakinan masing-masing
Siswa mengingat kembali materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas sekarang
Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas sekarang
Siswa mengikuti pembelajaran dengan tertib dan antusias
Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik
Fase 2
Menyajikan informasi
Kegiatan Siswa
Kegiatan Guru
10 menit

-Siswa mendengarkan  dan memperhatikan penjelasan guru
Guru memaparkan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran mengenai pengertian bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) serta dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar



Siswa mendengarkan dan memperhatikan (mengamati) penjelasan dari guru mengenai materi bentuk aljabar
Guru menjelaskan materi bentuk aljabar secara garis besar


Fase 3
Mengorganisasaikan siswa  dalam kelompok-kelompok belajar
Kegiatan Siswa
Kegiatan Guru
10 menit
Siswa mendengarkan pembagian kelompok yang dibacakan oleh guru dan segera berkumpul dengan anggota yang ditentukan oleh guru (setiap ketua kelompok menghadap guru
)
Guru membentuk  (membagi) kelompok heterogen yang terdiri dari 4 – 5 siswa (memangggil setiap ketua kelompok)

Fase 4
Membimbing kelompok agar bekerja dan belajar
Kegiatan Siswa
Kegiatan Guru
35 menit

-Mendiskusikan (mengeksperimen) tugas berupa LKS secara berkelompok.
-Siswa bertanya (menanya) pada guru mengenai  kesulitan yang dialami
-Memastikan setiap anggota kelompok paham (mengamati) dengan tugas yang diberikan guru dan saling membantu menjelaskan (communicating) sesama anggota kelompok.
-Guru memberikan tugas berupa LKS untuk dikerjakan oleh siswa (tugas kelompok yang berbeda dari kelompok yang lain)

-Memberi kesempatan siswa untuk bertanya jika terdapat kesulitan
-Guru mengawasi proses diskusi


-Kelompok menyelesaikan (eksperimen) masalah dengan metode diskusi (secara kooperatif yang bersifat penemuan)
-Guru memonitoring / mendampingi siswa yang sedang menyelesaikan masalah


Fase 5
Evaluasi

-Siswa mempresentasikan (comunycating) hasil diskusi di depan

-Siswa mengevaluasi jawaban jika ada jawaban yang kurang tepat dan memperhatikan kesimpulan pelajaran

-Siswa kembali ke tempat duduk masing-masing

-Guru mengamati presentasi siswa



-Guru meluruskan jika ada yang kurang tepat serta menarik kesimpulan



-Guru membubarkan kelompok yang dibentuk

10 menit
Fase 6
Memberikan pengakuan

 -Siswa mendengarkan pengakuan dari guru
-Siswa mendengarkan sedikit  pengarahan mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya
-Siswa mengakhiri pembelajaran
-Siswa berdoa menurut keyakinannya masing-masing
-Siswa menjawab salam guru
-Guru mempersiapkan cara untuk mengakui usaha dan prestasi kelompok
-Guru memberikan sedikit arahan mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya
-Guru mengakhiri / menutup pembelajaran
-Guru berdoa menurut keyakinannya
-Guru memberikan salam
5 menit
Total
80 menit

. 
H. Lembar Penilaian



I. Karakter
Teknik pengamatan sikap
Karakter
4
3
2
1
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
Percaya diri




Jujur




Teliti




Kreatif




Yogyakarta, 11 Oktober 2017
                                                                                                     Calon Guru Matematika




                                                                                                             Pengajar kelas VII

Komentar