RPP KD 3.5 dan 4.5 Kelas VII
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP N
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : VII
Semester : Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 × 40 menit (1×
pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Ketercapaian
|
3.5 Menjelaskan bentuk
aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
3.5.1 Mengenal bentuk
aljabar
3.5.2 Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk aljabar
3.5.3 Menyelesaikan
operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.5.4 Menyelesaikan
operasi perkalian bentuk aljabar
3.5.5 Menyelesaikan
operasi pembagian bentuk aljabar
3.5.6 Menyajikan
permasalahan nyata dalam bentuk aljabar
3.5.7
Menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah nyata
3.5.8 Menyelesaikan
masalah kontesktual pada operasi bentuk aljabar
3.5.9 Menyelesaikan
masalah nyata pada operasi bentuk aljabar
|
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
mampu menyebutkan pengertian bentuk aljabar
2. Siswa
mampu mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar
3. Siswa
mampu menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
4. Siswa
mampu menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar
5. Siswa
mampu menyelesaikan operasi pembagian bentuk aljabar
6. Siswa
mampu menyajikan permasalahan nyata dalam bentuk aljabar
7. Siswa
mampu menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah nyata
8. Siswa
mampu menyelesaikan masalah kontesktual pada operasi bentuk aljabar
9. Siswa
menyelesaikan masalah nyata pada operasi bentuk aljabar
C. Materi Pembelajaran
Bentuk
Aljabar
D. Model/Metode Pembelajaran
Strategi : Strategi pembelajaran bentuk aljabar
dengan model kooperatif
Model : Model Kooperatif tipe Group
Investigation (Sharan, 1992)
Metode : Tanya jawab & Diskusi
Pendekatan : Saintifik
E. Media
Alat
tulis : papan tulis, spidol
LKS
/ Lembar soal , pensil / bolpoin
Lembar
penilaian
F. Sumber Belajar
Buku
Siswa Matematika Untuk SMP/Mts Kelas VII Semester 1 (Kurikulum 2013)
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah
|
Kegiatan
Siswa
|
Kegiatan
Guru
|
Waktu
|
Fase 1
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
-Siswa menjawab salam
dari guru
|
-Guru mengucapkan salam
|
10 menit
|
-Siswa berdoa menurut
keyakinan masing-masing yang dipimpin oleh ketua kelas
|
-Guru meminta ketua
kelas untuk memimpin doa menurut keyakinan masing-masing
|
||
Siswa mengingat kembali materi sebelumnya
yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas sekarang
|
Guru mengingatkan
kembali materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
sekarang
|
||
Siswa mengikuti
pembelajaran dengan tertib dan antusias
|
Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik
|
||
Fase 2
Menyajikan
informasi
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
10 menit
|
|
-Siswa mendengarkan dan memperhatikan
penjelasan guru
|
Guru memaparkan
Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi,
dan tujuan pembelajaran mengenai pengertian bentuk aljabar dan melakukan
operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian) serta dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk
aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
|
|
Siswa mendengarkan dan
memperhatikan (mengamati)
penjelasan dari guru mengenai materi bentuk aljabar
|
Guru menjelaskan materi
bentuk aljabar secara garis besar
|
|
Fase
3
Mengorganisasaikan
siswa dalam kelompok-kelompok belajar
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
10 menit
|
Siswa mendengarkan pembagian kelompok yang
dibacakan oleh guru dan segera berkumpul dengan anggota yang ditentukan oleh
guru (setiap ketua kelompok menghadap guru
)
|
Guru membentuk (membagi) kelompok heterogen yang terdiri
dari 4 – 5 siswa (memangggil setiap ketua kelompok)
|
|
|
Fase
4
Membimbing
kelompok agar bekerja dan belajar
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
35 menit
|
|
-Mendiskusikan (mengeksperimen)
tugas berupa LKS secara berkelompok.
-Siswa bertanya (menanya) pada guru
mengenai kesulitan yang dialami
-Memastikan setiap
anggota kelompok paham (mengamati)
dengan tugas yang diberikan guru dan saling membantu menjelaskan (communicating)
sesama anggota kelompok.
|
-Guru memberikan tugas
berupa LKS untuk dikerjakan oleh siswa (tugas kelompok yang berbeda dari
kelompok yang lain)
-Memberi kesempatan
siswa untuk bertanya jika terdapat kesulitan
-Guru mengawasi proses
diskusi
|
|
|
-Kelompok menyelesaikan (eksperimen) masalah dengan metode diskusi (secara kooperatif
yang bersifat penemuan)
|
-Guru memonitoring /
mendampingi siswa yang sedang menyelesaikan masalah
|
|
Fase 5
Evaluasi
|
-Siswa mempresentasikan
(comunycating) hasil diskusi di
depan
-Siswa mengevaluasi
jawaban jika ada jawaban yang kurang tepat dan memperhatikan kesimpulan pelajaran
-Siswa kembali ke
tempat duduk masing-masing
|
-Guru mengamati
presentasi siswa
-Guru meluruskan jika
ada yang kurang tepat serta menarik kesimpulan
-Guru membubarkan
kelompok yang dibentuk
|
10 menit
|
Fase 6
Memberikan
pengakuan
|
-Siswa mendengarkan pengakuan dari guru
-Siswa mendengarkan
sedikit pengarahan mengenai materi
yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya
-Siswa mengakhiri pembelajaran
-Siswa berdoa menurut
keyakinannya masing-masing
-Siswa menjawab salam
guru
|
-Guru mempersiapkan
cara untuk mengakui usaha dan prestasi kelompok
-Guru memberikan
sedikit arahan mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan
selanjutnya
-Guru mengakhiri /
menutup pembelajaran
-Guru berdoa menurut
keyakinannya
-Guru memberikan salam
|
5 menit
|
Total
|
80 menit
|
.
H. Lembar Penilaian
I. Karakter
Teknik
pengamatan sikap
Karakter
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak
Pernah
|
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
Teliti
|
|
|
|
|
Kreatif
|
|
|
|
|
Yogyakarta,
11 Oktober 2017
Calon
Guru Matematika
Pengajar
kelas VII
Komentar
Posting Komentar